MEDIA PEMBELAJARAN

MEDIA PEMBELAJARAN

Media adalah alat saluran komunikasi. Kata media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata medium. Secara harfiah, media berarti perantara, yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver)....BELAJAR BAHASA ARAB BAGI PEMULA

Secara harfiyah kata “media” memiliki arti “perantara/pengantar”. Association for Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan Education Association (NEA) mendefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dlihat, di dengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar-mengajar, dapat mempengaruhi efektivitas program instruktional. ...

Dari definisi-definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan audien (siswa) untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan performance mereka sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Ø  Pada dasarnya media pembelajaran tersebut dipakai oleh seorang guru untuk:

Memperjelas informasi atau pesan pengajaran

Memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting,

Memberi variasi pengajaran.

Memperluas struktur pengajaran, dan memotivasi proses belajar siswa.

Umi machmudah dan soeparno memperkenalkan cara memilih media pembelajaran . ada beberapa prosedur dalam pemilihan media, yaitu:

·           Mengetahui karakteristik setiap media .

Menggunakan media yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Memilih media yang sesuai dengan metode yang akan diterapkan

Memilih media yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

Selain prosedur dalam pemilihan media harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

·           Adanya kejelasan maksud dan tujuan dalam pemilihan media pembelajaran

·           Adanya familiaritas media maksudnya, media yang dipilih sudah tidak asing dimata guru dan siswa. Harus mengetahui ciri-ciri, sifat, dan karakteristik media yang dipilih.

·           Adanya sejumlah media yang dapat diperbandingkan artinya, dalam setiap pemilihan media hendaknya didasarkan pada alternative-alternatif (dari berbagai media) yang pemecahan tersebut ditentukan oleh tujuan pembelajaran.

Dalam proses belajar-mengajar, media memiliki fungsi yang sangat penting. Secara umum, fungsi media adalah sebagai penyalur pesan. Selain fungsi tersebut Hamalik mengemukakan bahwa penggunaan media dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan minat, membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam proses belajar-mengajar, serta dapat mempengaruhi psikologi siswa. Penggunaan media juga membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, menyajikan materi/data dengan menarik, memudahkan menafsirkan data, dan memadatkan informasi. ...

Dilihat dari Jenisnya, media dibagi ke dalam:

v  Media Auditif

Adalah media yang hanya mengandalkan kemampun suara saja, seperti tape recorder. Tape recorder ini untuk media dengar merupakan pilihan yang cukup tepat untuk pengajaran bahasa, termasuk bahasa arab, karena dengan alat ini dapat diputar kaset-kaset rekaman sesuai yang kita inginkan, seperti lagu-lagu berbahasa Arab untuk anak. Dan media ini tidak cocok untuk orang tuli atau mempunyai kelainan dalam pendengaran.

v  Media Visual

Adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti, film strip (film rangkai), slides (film bingkai) foto gambar atau lukisan, dan cetakan. Adapun media visual yang menampilkan gambar atau symbol yang bergerak seperti film bisu, dan film kartun.

v  Media Audio-Visual

Adalah media yang mempunyai usnsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan yang kedua. ....

v  Media Flash card

Flash card merupakan media visual (pandang). Media ini juga dapat dipakai baik untuk kelas besar kecil maupun belajar secara individual. Flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang mana ukurannya seukuran postcard atau 25 x 30 cm. Gambar yang ditampilkan dalam media tersebut adalah gambaran tangan/ foto yang sudah ada dan sudah ditempelkan pada lembara-lembaran kartu. Kartu-kartu tersebut digambar atau ditulis atau diberi tanda untuk memberikan petunjuk dan rangsangan bagi siswa berpikir atau melakukan sesuatu.

Tulisan dan gambar hendaknya dibuat lebih besar dan jelas agar murid-murid mudah membaca pesan-pesan yang ada didalamnya. Kalimat dan ungkapan yang biasa digunakan dalam flash cardadalah topik-topik mengenai alat-alat rumah tangga, binatang, buah-buahan, pakaian, dan anggota keluarga.Kartu yang berisi gambar-gambar dapat digunakan untuk melatih siswa mengeja dan memperkaya mufradât Latihan-latihan yang dapat digunakan dengan bantuan alat peraga flash card sebagai berikut: Kosakata (mufradât), yaitu kata Arab disatu sisi dan terjemahannya di sisi lainnya, atau hanya berbentuk gambar, sedagkan siswa diperintahkan untuk mengucapkan kata atau kalimat mengenai gambar tersebut.

Bentuk kata kerja yang dapat dikaitkan dengan latihan penyempurnaan sebuah kalimat ( mengisi bagian yang kosong ). Kata benda mufrad, tasniyah ( mutsannah ), jama’baik muzakkar maupun muannasts.
Kelebihan Media Flash card
1.        Mudah dibawa kemana-mana,dengan ukuran yang tidak terlalu besar, flash cardmudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dimana saja serta tidak membutuhkan ruangan yang luas.
2.        Praktis,  media flash cardsangatlah praktis, sebab media ini tidak membutuhkan listrik dalam pemakainnya, selain itu seorang guru juga tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam menggunakan media flash card tersebut. Jika kita akan menggunakan media tersebut, maka harus dipastikanbahwa posisi gambar jangan sampai terbalik.
3.        Mudah diingat, karakteristik media flash card adalah menyajikan pesan-pesan pendek seperti nama pohon, nama binatang, nama benda, nama orang dan sebagainya sehingga pesan-pesan tersebut akan mudah untuk diingat, karena seorang siswa akan lebih mudah mengingat kosakata tersebut jika kosakata tersebut disertakan dengan gambarnya.
Menyenangkan, media flash cardsangatlah menyenangkan, karena dalam penggunaannya biasanya berupa permainan, misalnya seorang guru meminta siswanya untuk mencari salah satu kosa kata Arab yang sudah disimpan secara acak untuk dijodohkan dengan gambar benda atau pohon yang sudah dibawa oleh siswa tersebut.
Cara Mengajarkan Media Flash card
Langkah-langkah penggunaan media flash card adalah sebagai berikut:
1)  Wajib membaca sumber asli yakni buku pelajaran yang telah dipelajari, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan media fash card.
2)   Siswa membaca flash cardbagian depan terlebih dahulu, kemudian siswa harus dapat menjawab apa yang ditanyakan sesuai dengan gambar yang ada dibagian belakangnya.
3)     Setelah menjawab atau menjelaskan, siswa tersebut dapat melihat bagian belakang flash card untuk disesuaikan dengan jawaban yang telah diutarakan oleh siswa tersebut, apakah jawaban tersebut salah atau benar.
4)        Setelah menggunakan flash card, siswa wajib menutupnya dengan mencoba mengerjaakan soal yang ada dibuku latihan.
5)   Berikan kartu-kartu yang telahditerangkan tersebut kepada siswa yang duduk didekat guru. Mintalah siswa untuk mengamati kartu tersebut satu persatu, kemudian diteruskan kepada siswa yang lain sampai seluruh siswa mendapatkannya....


Comments

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Arab Pemula

PEMBELAJARAN QOWAID

Belajar Bahasa Arab Pemula